Friday, February 13, 2015

Jangan Hanya Wacana, Lakukan Perjalananmu

Berorientasi kepada How To Spend Money sebagian orang bilang itu salah, tapi menurut Saya tidak selalu salah kok. Mengeluarkan uang untuk mendapatkan suatu feedback yang lebih dari sekedar uang, Saya rasa traveling menjadi aksi nyatanya.

Dilansir dari situs hipwee.com, kali ini saya merangkum beberapa tips untuk membuat perjalanan yang sudah kita rancang sedemikian rupa menjadi tidak sekedar wacana hanya gara-gara pola hidup kita yang susah mengatur keuangan berdasarkan prioritasnya.

1. Tentukan perjalananmu
Ini point awal yang wajib kamu tentukan. Bidik tujuan travelingmu, dan mulai rancanglah cara mewujudkannya.
sumber : dunia-si-ana.blogspot.com



2. Riset semua yang kamu perlukan
Kamu bisa memulainya dari tiket perjalanan, penginapan, perlengkapan, makanan, peta lokasi, list tempat wisata, akses dan aksesibilitas, mempelajari kebiasaan masyarakat wilayah yang akan kamu kunjungi berikut mitos dan pantrangannya, sampai mempersiapkan hal-hal dengan segala kemungkinan terburuknya. Ingat, tingkat persiapan berbanding lurus dengan resiko yang akan diakibatkan.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

3. Buat komitmen untuk menyisihkan pendapatan
Jika kamu memutuskan untuk melakukan traveling, berarti kamu harus mengalokasikan pengeluaran rutinmu untuk ini.
sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

4. Kurangi makan di luar
Kamu bisa mulai membuat bekal makan kamu sendiri dengan lebih higienis dan sesuai selera.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

5. Biasakan selalu membawa minuman
Air putih terbukti sehat namun hemat. Jika kamu makan di luar, setidaknya kamu dapat menghemat pengeluaran untuk membeli minuman yang seringkali lebih mahal dari harga makanannya.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

6. Hemat Bensin
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, hemat bensin ya. Sesekali, transportasi publik bisa kamu coba juga.


sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

7. Stop Smoking
Berhenti mengkonsumsi rokok bisa membuat keuanganmu dan kesehatanmu lebih stabil.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

8. Olahraga Gratis
Tidak perlu yang mahal-mahal, rutin jogging dan olah pernafasan setiap bangun tidur, selain cuma-cuma itu bahkan membuat fisikmu sehat.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

9. Kurangi Pergi ke Salon
Jika kamu penggila creambath,spa, dan lulur di salon kecantikan, cobalah sesekali melakukannya di rumah. Bahan-bahan alami seperti daun lidah buaya, bengkoang, tomat, beimbing, dan buah-buahan anti oksidan lainnya bisa kamu coba sebagai alternatif lulur perawatan kulitmu.

sumber: kemmy's kitchen photo



10. Kurangi Nongkrong di Cafe
Jika biasanya kamu menghabiskan tiap akhir pekan kamu nongkrong bersama teman-temanmu di cafe, cobalah sesekali mengajak mereka ke taman. Selain kamu dan teman-temanmu bisa bebas mengobrol tanpa batas, suasana taman yang tenang dan hijau cenderung membuat otakmu lebih relak. Apalagi kini banyak taman-taman kreatif yang tak kalah cozy seperti cafe, plus wifi gratis pula.


sumber : dunia-si-ana.blogspot.com


11. Download Buku Gratis
Membeli buku merupakan hal yang tidak bisa kamu hindari karena kamu hobi sekali membaca? kini cobalah mendownload buku gratis atau membeli buku bekas saja. Yang penting isi bukunya kan, bukan fisiknya.

sumber : www.google.com



12. Kurangi Berbelanja Pakaian
Ini sih memang susah banget terutama bagi kamu para wanita, tapi barangkali sudah saatnya kamu mulai mengurangi intensitas kamu jalan-jalan ke mall, meskipun awalnya kamu tak berniat belaja, tapi mall menyimpan sejuta jurus untuk membuat kamu menjadi solah-olah tidak sengaja berbelanja. Selain  itu, kurangi membuka situt-situs online yang bisa memicu hasrat kamu berbelanja. Kamu bisa mengalihkannya dengan menulis perjalananmu blog, mengikuti kegiatan sosial, membantu orang tua, mengajak bermain adik, atau bersantai sekedar membaca koran dan menikmati secangkir kopi hangat.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

13. Hemat Pulsa 
Pulsa, hal sepele tapi penting. Pintar-pintarlah dalam mengelola pengeluaran pulsamu.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

14. Pintar-Pintar Menjual Hobimu
Diluar pekerjaan utamamu, kamu tentu memiliki kemampuan lain yang sesuai hobimu bukan?. Hobi menulis, berolahraga, menyanyi, bermusik, berwirausaha, kemampuan public speaking, menari, akting, photografi, design interior, melukis, menggambar, daaaaan masih banyak lagi, kamu bisa jadikan hobimu sebagai aktifitas mengasikan namun menghasilkan.


sumber : dunia-si-ana.blogspot.com


15. Dengan Kamu Memberi, Kamu Akan Mendapat Lebih
Jika biasanya uang receh kembalian rokok yang biasanya kamu donasikan kepada para pengamen atau penggalang dana, tanpa merokok sekarang bahkan kamu dapat membelikan mereka sebuah buku atau beras.  Atau jika biasanya 50 ribu sering kamu buang percuma untuk membeli segelas minuman di Cafe, sesekali memberikannya kepada para penggalang dana korban banjir, takkan lantas membuat rencana dana perjalananmu menjadi gagal.

sumber : dunia-si-ana.blogspot.com

Sedikit mengalahkan ego untuk menjadi lebih baik, tak ada salahnya. Mari Kita Coba. 
Salam traveller.

Written by : Ananuranita