Tuesday, August 9, 2016

HO CHI MINH CITY, INI VIETNAM APA PERANCIS SIH?


Kali ini Saya akan melanjutkan cerita perjalanan Saya yang melibatkan 8 kota di  5 negara Asean bersama 3 orang partner gila bernama Mike, Rizwan, dan Ichad.  Saya ulangi lagi kalo rute kota yang kita singgahi adalah Bandung – Purwakarta - Tangerang – Kuala Lumpur – Ho Chi Minh – Mui Ne – Bangkok – Pattaya – Bangkok – Singapore - Tangerang – Bandung

Setelah pekan lalu saya bercerita tentang pengalaman unik kami ketika transit di Kuala Lumpur di cerita "Dari Bandung Sampe Kuala Lumpur, Dari Sini Semua Kebodohan Dimulai", sekarang saatnya Saya menceritakan perjalanan utama di kota ke-4 yang kami singgahi. TOUCHDOWN HO CHI MINH CITY AND WELCOME THE FRENCH OF ASIA.

Foto yang Saya ambil ketika Landing di Tan Son Nhat Airport
4. Ho Chi Minh City, Ini Vietnama Apa Perancis Sih..?

Pukul 12.55 masih di tanggal 20 April 2016, pesawat kami landing di Bandara Internasional Ho Chi Minh City, Tan Son Nhat Airport. Yeayyyy touchdown Saigon, eh Saigon apa Vietnam ya? Duhhh biar gak salah mending simak dulu sebait prolog sejarah berikut ini.

Hostel dimana kami menginap

Jadi menurut cerita yang beredar di buku-buku sejarah anak sekolah maupun mbah WIKI, kota Ho Chi Minh yang kini merupakan kota termetropolitan di Vietnam (dahulu terbagi dua, Vietnam Selatan dengan Saigon sebagai ibu kota, sedangkan di bagian utara Vietnam tersebutlah kota Hanoi sebagai urat nadi nya) dulunya bernama Saigon.  Dulu nya kapan? Ya dari dulu aja sampe sekitar abad ke-19an. Setelah ditaklukan kolonialisme Perancis pada 1859, peradaban kota Ho Chi Minh selama pendudukan mereka atas Vietnam  banyak dipengaruhi oleh gaya-gaya bangunan klasik dan tata ruang kota khas eropa. Itulah kenapa kota ini dijuluki Paris di Timur.

Sampai akhirnya kekuasaan Vietnam Selatan diambil alih oleh Tentara Rakyat Vietnam pada 30 April 1975 sebagai akibat dari perang Vietnam. Selanjutnya pada 1 Mei 1975, nama Saigon diganti oleh pemerintah komunis yang berkuasa saat itu menjadi Ho Chi Minh City  yang berasal dari nama samaran pemimpin mereka. Di Perancis, dikenal dengan Ho Chi Minh Ville Atau Kota Ho Chi Minh.

Independence Palace, salah satu tempat bersejarah di Ho Chi Minh

Nah begitu kira-kira sejarah singkat nama Ho Chi Minh beserta asal-usulnya. Oke, sekian cerita kali ini, minggu depan Ibu Guru akan menjadwalkan QUIS ya, jangan lupa belajar yang rajin dan minum serebrovit grow. :D 

KAMFREETTTT, mana cerita perjalanannya WOOOYYY, MANAAAAA....!!!!!!

Astagfirullahaladzim kumprat kampret kumprat kampret, gak boleh tau ngomong gitu. Tuhan itu bersama orang yang sabar. kemudian gelar pengajian, dilanjut bagi-bagi nasi berkat.


Dan bersambung...
Nanti abis lonceng tanda jam kerja berakhir dilanjut lagi ya ceritanya MUIHIHIHIHIHIIIII..









written by : ananuranita
photos by : mikeelfia





10 comments:

  1. Nit, lanjut nulisnya maaang. Mayan, nyicil buat buku traveling :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap mas lanjutkan, hehee. Yuk yuk, secara dari total cerita traveling aku, stengahnya ceritain AKS, jadi ada kamunya kan akakakakkk.

      Delete
  2. Dear Ana, tulisannya keceh, tapi lebih keceh lagi kalo background post nya di bikin warna putih aja biar lebih enak bacanya, dan lebih clear

    ReplyDelete
    Replies
    1. WADAFAKAAAAHHHH tulisan gue dibaca dan dikomen si WHATEVERBACKPACKER, travel blogger hits seIndonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku Negeriku yang Kucinta. #kemudianbesok17an

      Dis Dis liat Disssssss, ini masukan lu gak cuma gue tampung doang, tapi langsung diaplikasiin juga. Bener sih jadi lebih bersih.

      Thanks ya udah berkenan berkunjung ke blog capruk ala2 gue :)

      Delete
  3. di Ho chi minh emang jualan wisata sejarah ya daripada wisata alamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super setuju banget kak. Bener yang kakak bilang kalo "Ho chi minh city ini memang menjual perjalanan sejarahnya perangnya untuk dijadikan tempat wisata" , jadi aja aku ikut kesini hehehehe..

      Delete
  4. Nyebut nasi berkat jadi inget jaman gw masih kecil2 tinggal di gresik.kalo malam jumat di mushola suka bagi2 nasi berkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihhhhhhh makasih Abang hits Cumilebay sudah berkunjung. Di Bandung masih lho sampe sekarang, apalagi kalo gelar tahlilan yang meninggal, ekekekekkk antara duka dan bahagia sejujurnya.

      Delete
  5. Juli kemaren trip indochina cuma gagal ampe ho chi minh huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOW keren masbro tripnya, tapi sayang ya kurang lengkap kalo gak kesini. yowess nanti remedi aja indocina nya biar ga gagal ho chi minh nya hehehe

      Delete

Silahkan komen di bawah ya :)