Monday, November 21, 2016

EMPAT HAL YANG HARUS KAMU LAKUKAN SAAT PERTAMA TIBA DI VIETNAM

Hai hai haiiiiiii lama tak jumpaaaaa...

Setelah sebelumnya Saya nulis cerita tentang HO CHI MINH CITY, INI VIETNAM APA PERANCIS SIH? yang kamfret banget isinya malah ngebahas sejarah asal muasal kota Ho Chi Minh tanpa cerita apa-apa soal pengalaman travelingnya, hahahahah hampura (maapkan) pada waktu itu tiba-tiba dateng Si Syaiton BOSS yang mengganggu kekhusuan Saya dikala lagi asik nge-blog, ya iyalahhh bego, orang mah sibuk ngetik laporan, nah ini malah ngetik curhatan .

Nah yuk mumpung sekarang Si Boss lagi pergi ke negeri antah berantah, mari kita lanjutkan bertualang.
Setelah sampai di Bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City, selanjutnya kami ...mmmm...
“Kami???” //
“Iyaaaa kami, Saya, Mike, Rizwan dan Ichad.”
“Ohh Si pasukan Lazy Travelers yang otak waras nya udah pada jatoh sebagian itu kan?”
“IYEEEEEEE, nyet.”

ketibaan di Bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City

Mike dan Ichad saat di Bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City 


Jadi rabu siang di tanggal 20 April 2016 kala itu, di bandara, kami berempat mampir ke 4 tempat paling penting yang wajib kami kunjungi sebelum menclok sana sini bertualang di Ho Chi Minh. Apasajakah gerangan..? kenapa kamu harus kesana?... cekidot kita bahas.

1.  MONEY CHANGER

Saya dan penampakan nominal USD setelah ditukar dengan pecahan VND
 (abaikan pemeran figuran di sebelah kiri belakang)

Kenapa baru kami tukar Rupiah kami disini...? karena Di Money Changer di Bandung kami tidak menemukan (apa emang gak tersedia kali ya) DONG alias VIETNAM DONG alias VND Si Mata Uang Vietnam satu ini. Sehingga, dari Bandung kami menukar Rupiah dengan  Dolar US, di Vietnam baru kami tukar $ USD dengan VND. Waktu itu, 1 $ USD dihargai dengan 22.260 VND, dan asal kamu tahu kalo 1 Rupiah dihargai sekitar 1.7 VND atau hampir dua kali lipatnya disana, misal kamu bawa 5 juta dari bandung, pulang-pulang kamu bisa bawa Iphone 7, atau bawa 10 juta dari Bandung, pulang-pulang kamu bisa bawa satu unit mobil sport mewah Lamborghini Gallardo nya Eneng Syahrini lho, kaca spionnya tapi wakakakkkk. Yakale mobilnya, ngimpiiiii luuuu....

Nah bisa kebayang kan, disini mah gembel keceh kaya kami pun mayan meningkat kasta nya muihihihihi.

Mike sedang menukar  Dollar US di Money Changer Bandara Tan Son Nhat

 2. SIM CARD COUNTER

Jangan lupa mengganti sim card gadget kamu dengan sim card lokal disini. Seperti yang Saya beli di Sim Card Counter yang ada di Bandara seharga 100.000 VND dengan kuota internet 5 GIGA .  LIMA GIGA jaringan 3G Cuma Rp 50 rebuan kan murah bener ya kalo di kita, coba bandingin sama provider SEMPATIN prodaknya  TELPONSEL yang punya slogan khas nya BEGITU DEKAT DEGITU NYATU, HUHHHH mending jangan dibandingin deh biar gak nyesek. #curhat

Dan kamu harus tau juga kalo ternyata di Ho Chi Minh tuh akses wifi menjamur banget dimana-mana, di tempat-tempat umum, di taman kota, di supermarket, di bus, bahkan di kios-kios kecil yang sekalipun berada di daerah-daerah pelosok seperti perkampungan nelayan – Mui Ne yang sempat Saya kunjungi.  Di depan elatase nya, kebanyakan ditempel stiker bertuliskan FREE WIFI ACCESS. SALUTE SUPER GAK ADA DUA pokonya, sekalipun negara berkembang, tapi perkembangan akses teknologi informasinya beuhhhh jangan ditanya. Saking banyaknya akses internet gratis, malahan kuota internet 5 giga yang kami beli pun (padahal sudah dipakai untuk 4 orang selama 3 hari) masih sisa kuotanya dong. Noh yang gila medsos, sepertinya berimigrasi ke Vietnam adalah solusi NGACO terbaik. 

penampakan counter-counter yang selain melayani penukaran uang, beberapa
merangkap melayani pembelian sim card dan sewa taksi 


3.  TAXI COUNTER

penampakan taxi counter di dalam Bandara Tan Son Nhat
Gak Cuma Taxy counter, ada juga travel counter yang akan siap mengantarkan kita ke pusat kota atau pun tempat-tempat wisata di Vietnam dari Mulai Ho Chi Minh sampe yang jauh sekalipun seperti Mui Ne atau Da Lat. Kalo kamu sudah punya link travel agen atau taxy yang sudah terpercaya, kamu boleh lupakan ini. Tapi buat yang ketika sampai bandara masih mencari-cari moda trasportasi buat perjalanan kalian, Saya saranin buat hubungi counter-counter taxy yang ada di dalam Bandara saja. Karena ternyata disini banyak oknum-oknum sejenis calo yang suka nawarin jasa kendaraan dengan harga berlipat ganda, mungkin sebagian dari mereka adalah santri-santrinya Kanjeng Dimas Taat Patuh Tertib Lalu Lintas Saat Berkendara dan Jangan Lupa Gunakan Helm. BYE.

So, BE AWARE  ya yang punya niatan mau jalan-jalan irit ke Vietnam khusunya, save money, banyak-banyakin searching dulu supaya tau tarif-tarif transportasi disana, supaya gak kena tipu, aelahhhh masa tukang tipu kena tipu, kan gak logis.

VINASUN, adalah label taksi di Ho Chi Minh yang paling aman dan save money banget menurut Saya.  Mobilnya berwarna putih, kapasitasnya muat untuk 6 orang lagi (sejenis toyota avanza atau emang iya ya), udah paling enak banget kan patungan ongkosnya hihi.  Juara nya lagi tarif taxi disini tuh murahnya pake banget, dengan tarif minimum sekitar 5.000-10.000 VND (kalo gak salah, tapi pokoknya manusiawi banget tarifnya), ditambah jarak tempat wisata satu ke tempat lainnya di Ho Chi Minh City berada berdekatan, sehingga mudah, murah, dan efisien.

Rizwan sedang mangkal menyetop taksi VINASUN

4.  TOILET
Buat kalian yang BOKER-an akut kayak Saya, tempat ini bahkan menjadi tujuan  pertama yang wajib disambangi saat tiba di bandara.
Lah kenapa harus di bandara..?, di pesawat bisa keleus buang hajat.
GAK BISA, itu adalah jawaban paling rasional dari peboker yang yang gak tau gimana caranya boker di toilet pesawat. SEKIAN.


Dan itulah empat tempat yang wajib kamu kunjungi saat tiba di Vietnam. Lalu, setelah kami berempat mengantongi sejumlah DONG, kuota internet, dan kuitasi pembayaran taxi, kami pun segera meluncur menuju menuju Pham Ngu Lao, District 1, Ho Chi Minh City dengan menumpangi taksi bandara seharga 10 Dolar alias 220.000 VND alias rugi 40.000 VND (karena di dalam bandara, tarif taksinya hanya 180.000 VND , begonya kami malah memesan taksi di luar bandara, berharap dapat yang lebih murah eh malah kena sial, BEGO sih gak banyakin searching dulu).

Akhirnya dalam  30 menit, kami pun sudah sampai di pusat kota. Chào bạn (Hello) Ho Chi Minh City, MARI KITA MULAI PETUALANGAN.

Ichad bersama si Mamang supir taksi

Lazy Traveler Formasi 4

Written by : Ananuranita
Photos by  Mikeelfia, Ananuranita

4 comments:

  1. Biasanya malah mahalan di dalam bandara,terminal atau stasiun gitu-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan emang gitu biasanya, tapi entah kenapa kalo di HCM pas kemaren saya kesana (dan berdasarkan hassil googling) kalo mau nuker DONG sama beli SIM CARD sama pesen taksi tuh emang rekomen bgt beli yg dalem bandara, terukti lebih murah sih dibanding yg di luar2.

      Delete

Silahkan komen di bawah ya :)